Friday, June 3, 2011

Review dan spesifikasi Kawasaki ER 6

Tahun ini Kawasaki kembali melaunching motor barunya bertipe streetbike Moge (Motor Gede) dengan kapasitas mesin super besar. Sepertinya Kawasaki mencoba bergelut didunia motor 600 cc setelah sukses merajai pasar 250 cc berkat motor andalannya Ninja. Apakah kali ini Kawasaki juga dapat menarik konsumen dengan motor ER 6 nya? Mari kita lihat reviewnya.

Tahun ini di Indonesia banyak produsen motor mengeluarkan motor-motor baru mereka terutama motor dengan kapasitas mesin diatas 200 cc. Namun baru-baru ini kawasaki menawarkan sesuatu yang beda dari produk barunya, motor bertipe streetbike ini berkapasitas 600 cc yang dinamai "Kawasaki ER 6".

Disainnya berbeda dengan Ninja, ER 6 nampah lebih besar dengan berat 178 kg dan dengan fairing yang lebih kecil dari ninja. Tetapi kawasaki tetap menawarkan dua tipe desain ER 6, yakni bertipe full fairing dan naked. Freddy basuki (National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia) menjelaskan, "PT KMI memasarkan 1 tipe sekaligus Kawasaki ER-6 full fairing dan naked yang akan dihadirkan dalam bentuk CBU dari Thailand".

Dilihat dari pilihan mesin yang dipasang di ER 6 tidak diragukan lagi motor ini dapat disejajarkan dengan Moge lain yang telah lama eksis di pasar motor 600 cc seperti Ducati Monster. ER 6 menggunakan mesin berkapasitas 649 cc, dua silinder, fuel injection, liquid cooled yang ditambah dengan transmisi 6 percepatan. Dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 53 kw pada 8.500 rpm, dengan torsi 66 nm pada 7.000 rpm.

Untuk urusan harga Kawasaki belum dapat memastikan berapa pastinya, namun Freddy telah menjelaskan masalah harga ER 6 pada detikOto "ER-6 kita masih hitung-hitung. Apalagi ada kenaikan bea balik nama. Harga pastinya di atas Rp 120 juta sampai RP 150 juta ", Senin (17/1/2011).

SPESIFIKASI
MESIN
Tipe : streetbike 649 cc DHOC
Silinder : 2 silinder
Sistem bahan bakar : fuel injection
Pendingin : Liquid cooler
transmisi : 6 kecepatan
Tenaga : 71 tenaga kuda 8.500 rpm
Torsi : 66 nm pada 7.000 rpm

SUSPENSI dan REM
Suspensi depan : 41 mm teleskopik
Suspensi belakang : monoshock
Rem depan : Kawasaki 300 mm cakram
Rem belakang : Kawasaki 220 mm cakram

No comments:

Post a Comment