Friday, June 17, 2011

Honda EV-neo First Electric Scooter


Satu lagi yang baru dari Honda, Honda EV-neo, yak motor yang menggunakan listrik sebagai pengganti bahan bakar dengan desain scooter ini rencananya akan dirilis Honda jelang natal tahun ini.

Akhir tahun 2010 lalu Honda EV-neo memang sudah dirilis di Jepang, nampaknya Honda ingin melebarkan sayapnya lebih jauh, kini Honda EV-neo sudah di uji di Barcelona untuk pengetesan selama 1 tahun.

Motor listrik EV-neo setara dengan mesin motor berkapasitas 50 cc, meskipun berbody mungil, motor ini dapat mengangkat beban berat dan menaiki tanjakan dengan mudah. Sistem remnya juga sudah menggunakan Combined Brake System (CBS).

Motor ini menggunakan teknologi baterai lithium-ion mobil Insight (baterai Toshiba SCiB) yang hanya membutuh waktu 30 menit sampai baterai full dan mampu berkendara sejauh 34 km denngan kecepatan rata-rata konstan 30 km/ jam. Honda juga menawarkan alat charge portable yang tersimpan di bawah jok. Alat ini bisa mengisi baterei hingga penuh dalam wktu 3,5 jam.

Ada dua tipe EV-neo yakni EV-neo standar dan EV-neo Pro. Bedanya hanya terletak pada kapasitas tempat barang bawaan yang ada di bagian belakang.
Honda EV-Neo juga terdapat sistim keselamatan berkendara dan pejalan kaki, yakni sistem peringatan bunyi (pedestrian audible alert system) ketika skuter berjalan di bawah kecepatan 28 km/jam.

Honda EV-neo di Jepang dijual seharga 454.650 yen-574.350 yen (Rp 48 juta- Rp 61 juta) untuk EV-neo standar. Lumayan mahal, karena motor ini memang dibuat untuk para pebisnis jasa pengantaran (delivery) dan pengusaha di kota-kota besar. 
Selengkapnya...

Thursday, June 16, 2011

Ducati air brush desain 'Kill Me Fast'


Seniman Belanda, Kristian von Hornsleth, membuat seni lukis kontemporer di body Ducati 1098 dan 1198. Dia melakukan ini karena begitu terpesonanya dia dengan aura sporty dan kecepatan motor ini. Tema lukisannya pun cukup sangar yakni dinamai 'Kill Me Fast.'.

Ada 10 desain seni yang dicoretkan Hornsleth di body motor asal Italia tersebut. Sekilas saja memandang, desain-desain yang sangat berani bermain warna ini pasti akan memikat mata siapa saja yang melihat goresan cat di body Ducati 1098 dan 1198 ini.

Kecintaan Horsleth pada Ducati di ungkapkan pada situs resminya yang dikutip detikOto "'Anda tidak merasakan apa-apa saat Anda mencapai 320 km perjam, kata penjual ketika saya bertanya apakah tidak berbahaya naik motor sekencang itu. Lalu aku bertanya-tanya mengapa saya sendiri sangat terpesona oleh hubungan antara desain Italia yang luar biasa dan teknologi mesin yang unggul"

Dia juga menambahkan "Justru ini perpaduan antara keindahan, kecepatan dan kematian, yang mengilhami saya untuk memasukkan 'scuplture' ini dalam karya seni saya. Garis dan bentuk berinteraksi dalam upaya 'futilistic' untuk menyelidiki dan menantang logika yang diberikan dari desain Ducati"

Ducati 1098 memiliki spesifikasi mesin :
- L-twin cylinder
- 4 valve per cylinder Desmodromic
- kapasitas mesin 1.099 cc
- liquid cooled
- rasio boreXstroke 104x64,7
- rasio kompresi 12,5:1
- Tenaga 160 hp @9.750 rpm dengan torsi 123 Nm @ 8.000 rpm (Ducati 1098 tipe standar / S)
- kapasitas mesin 1.198,4 cc, tenaga 177,6 hp dengan torsi 134 Nm (Ducati 1098 tipe R)

Sedangkan spesifikasi Ducati 1198 lebih keren lagi dibanding 1098, spesifikasi mesin :
- V-twin
- 4 valve per cylinder Desmodromic
- kapasitas mesin 1.198,4 cc
- liquid-cooled
- boreXstroke 106×67.9 mm
- rasio kompresi 12.7:1 (tipe standar / S)
- 12.8:1 (Tipe R)
- Tenaga 170 hp @ 9.750 rpm, torsi 132 Nm @ 8.000 rpm (tipe standar / S)
- Tenaga 180 hp @ 9.750 rpm, torsi 134,4 Nm @ 7.750 rpm (tipe R)

Penjelasan selanjutnya, disini
Selengkapnya...

Wednesday, June 15, 2011

Ninja 250 VS CBR 250


2 motor sport paling hot saat ini adalah Ninja 250 dan CBR 250, pasti orang-orang bertanya, siapa diantara 2 motor tersebut yang paling bagus?
mari kita lihat perbandingannya.

HASIL TES MOTORCYCLE-USA
-Konsumsi BBM
CBR 250 27.5 km/liter, Ninja 250 : 20,9 km/liter
-60 mph-0 mph (pengereman)
CBR 250 : 143 meter, Ninja 250 : -
-Akselerasi 0 mph-60 mph
CBR 250 : 8,5 detik, Ninja 250 : 7,7 detik
-Power max
CBR 250 : 22.66 HoursePower pada 8600 rpm , Ninja 250 : 22.66 HoursePower pada 8600 rpm
-Torsi max
CBR 250 : 15.23 lb-ft pada 7100 rpm , Ninja 250 : 13.42 lb-ft at 9900 rpm
-Top speed
CBR 250 : 90 mph (144,8 km/jam), Ninja 250 : 110 mph (177 km/jam)

Dari hasil tes diatas dapat dilihat konsumsi bbm CBR lebih hemat dari Ninja.
pemakaian bahan bakar Ninja 49.1 mpg (20.9 km/liter), sedangkan CBR 64.7 mpg ( 27,5 km/liter), ini dikarenakan adanya fitur fuel injection di mesin Honda yang membuat konsumsi bahan bakar lebh irit.

Di trek lurus akselerasi Ninja lebih cepat daripada CBR dengan selisih waktu antara 0.8-1 detik, ini dikarenakan perbandingan tenaga mesin dimana CBR memiliki peak power sebesar 22.66 hp pada 8600 rpm lebih rendah dari Ninja yang memiliki power terukur di ban belakang 26.34 hp pada 11,000 rpm. akan tetapi Akan tetapi CBR 250R memiliki Torsi terukur 15.23 lb-ft pada7100 rpm yang lebih tinggi dari Ninja 250R 13.42 lb-ft pada 9900 sehingga kestabilan mesin saat berkendara lebih stabil.

Untuk top speed disini Ninja lebih unggul, Speed CBR 250R mencapai 90 mph (144,8 km/jam) sedangkan Ninja 250R dapat mencapai 110 mph (177 km/jam) lebih kencang 20 mph (33 km/jam) dari CBR. Dalam urusan salip-menyalip Ninja dapat melakukuannya di trek lurus, namun di tikungan CBR lebih unggul karena body dan gas yang lebih stabil dari Ninja.

Setelah di bandingkan keduanya masih sama-sama kuat, tapi tetap Ninja unggul dalam hal kecepatan dan mesin namun harus dibayar dengan konsumsi bbm yang lumayan boros. Pilihan mana yang lebih baik tergantung dari anda yang menilai :)
Selengkapnya...

Tuesday, June 14, 2011

Review dan Spesifikasi Ducati Desmosedici " motor Rossi dan Hayden"


Persaingan moto GP musim 2011 ini semakin ketat. Disamping banyaknya rider-rider baru, merombak mesin dan desain juga dilakukan oleh setiap tim untuk menambah performa dan penampilan motor, agar si rider juga merasa nyaman dengan motornya. Ducati kali ini melaunching motor baru untuk Rossi dan Hayden yang dinamai "Ducati Desmosedici"

Desain Desmosedici tidak banyak berbeda dengan disain tahun sebelumnya. Dengan dominan warna merah tetap menunjukan ciri khas Ducati motoGP. Khusus untuk Rossi, Ducati menambah sedikit polesan warna kuning, karena warna kuning adalah warna favorit Rossi. Rossi tetap menggunakan nomor 46 pada motornya, begitu juga Hayden tetap menggunakan nomor 69.

SPESIFIKASI
MESIN
Engine type: Liquid-cooled V4 4-stroke, 16-katup, DOHC Desmodromic
Kapasitas mesin : 799 cc
Pembakaran : Magneti Marelli
Bahan Bakar: Shell Racing V-Power
Pelumas : Shell Advance Ultra 4
Daya maksimum : Sekitar 170 kW (230 tenaga kuda)
Kecepatan maksimum : Sekitar 350 km / h (220 mph)
Exhaust : Termignoni

TRANSMISI
Type : 6-speed cassette-type gearbox, dengan rasio roda gigi alternatif yang tersedia
Primer drive : Gear
Clutch : Dry multi-pelat kopling sepatu
Final drive : Chain Regina

CHASIS, SUSPENSI dan BAN
Frame type : Carbon fiber casing
Front Suspens i: Ohlins terbalik 48 mm garpu depan
Suspensi Belakang : Ohlins shock absorber belakang, adjuster untuk pre-load, kompresi dan rebound damping
Roda Depan / belakang : 16,5 inci depan dan belakang
Band Depan / belakang : Bridgestone
Rem Depan: Brembo, dua 320 mm cakram depan karbon dengan kaliper empat-piston
Rem Belakang : Brembo, single disc baja stainless belakang dengan kaliper dua piston
BeratKering : 150 kg (330 lb)
Kapasitas Bahan Bakar: 21 l (4.6 imp gal; 5.5 US gal)

Penjelasan yang lain disini
Selengkapnya...

Monday, June 13, 2011

Monstrac Enduro MTR 200X


Salah satu produk motor andalan Monstrac adalah motor jenis trail nya, salah satu yang banyak beredar dipasaran adalah Monstrac trail bertipe Enduro MTR 200X. Produk ini dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan para pencinta olahraga sepeda motor jelajah

Desain MTR 200x ini sama seperti motor trail pada umumnya, dengan ban yang beralur dalam yang memang dirancang untuk melaju ditempat yang terjal dan berlumpur, bobot motor yang tidak terlalu berat hanya 120 kg saja, kemudian suspensi depan dan belakang yang mengaplikasikan mekanisme Auto Adjustment sehingga daya penyerapan beban lebih maksimal saat motor melaju di permukaan tanah yang labil.

Mesin Enduro 200X ini berkapasitas 200 cc dengan transmisi 5 kecepatan otomatis tenaga yang dihasilkan memang besar, dan sangat membantu untuk para pecinta petualang dalam menaiki medan menggunakan motor ini.

Baru-baru ini monstrac mengenalkan produk trailnya di Indonesia dengan membuka dealer baru di Yogyakarta. Nampaknya pabrikan motor korea ini tidak mau kalah dengan pesaingnya yang sudah lebih dulu bergelut di pasar motor Indonesia.

SPESIFIKASI
MESIN
Jenis : 4 Langkah 4 valve
Kapasitas 200.4cc
Kapasitas Oli : 1.1Liter
Transmisi : 5 Speed Manual
Pengapian : CDI
Kompresi : 9.8 : 1
Tenaga : 11.5kw(15.4hp)/9000rpm

LAINNYA
Suspensi belakang : Monoshock auto adjustment
Suspensi depan : Upside-Down auto adjusment
Rem depan belakang : Disc Brake
Ban Depan : 275-21
Ban Belakang : 410-18
Starter : Electric & Kick
Berat : 120kg
Selengkapnya...

Sunday, June 12, 2011

New Ducati Diavel 2011, Review dan Spesifikasi

Produsen motor Italia, Ducati, kembali meluncurkan produk motor baru di tahun ini. Kali ini Ducati meluncurkan Ducati Davel yang merupakan perpaduan dari jenis motor sport, streetfighter, touring. Motor yang di juluki "setan" itu memang sangar, dengan kapasitas mesin super dan desain motor khas Ducati yang elegan dan sporty.

Ducati Diavel dianugrahi mesin Testastretta 11 derajat L-Twin silinder 4 valve per cylinder dengan kapasitas super sebesar 1.198,4 cc dan menggunakan sistem pendingin Liquid Cooler. Mesin ini mampu memberikan tenaga sebesar 162 hp pada 9.500 rpm dan torsi 127,5 Nm pada 8.000 rpm yang disalurkan melalui transmisi enam tingkat percepatan, hampir sebanding dengan mobil bukan.

Ducati Diavel memiliki dua tipe, yaitu standar dan carbon. Tipe standar dipatok harga Rp.410 jt - 390 jt, sedangkan tipe carbon dibandrol harga Rp 475 juta seperti penjelasan yang diberikan pada JMCS 2010 Supermoto Indonesia. Perbedaan fitur tipe standar dan carbon ada pada penggunaan velg, tipe standar menggunakan velg alloy biasa sedangkan tipe carbon menggunakan velg Marchesini forged sehingga bobot motor menjadi lebih ringan 3 kg dari tipe standar.

Fitur-fitur yang ada di Ducati diavel diantaranya : Ducati Traction Control (DTC) menjaga perputaran ban dan suspensi (supaya tidak terjadi burnout), Antilock Brake System (ABS) yang memaksimalkan sistem pengereman, Ducati Riding Mode (pilihannya ada sport, touring, urban, dan enduro untuk memaksimalkan laju motor sesuai dengan trek yang akan dilintasi), dan panel kontrol digital dengan layar LCD.

SPESIFIKASI
MESIN
Kapasitas : 1.198 cc
Jenis : 2 cylinders, 4-stroke, 90° V-twin
Daya max : 162 hp pada 9.500 rpm
Torsi Max : torsi 127,5 Nm pada 8.000 rpm
Sistem bahan bakar : Fuel injection
Top speed : 250 km/h

DIMENSI
Jarak poros ban : 1590 mm
Tinggi jok : 770 mm
Berat : 207 kg Carbon, 210 kg Standar
Kapasitas tangki bahan bakar : 20.06 liter
Chasis : baja, Trellis frame

SUSPENSI, REM, dan BAN
Suspensi depan : Cartridge 120 mm
Suspensi belakang : mono shock, Swingarm 120 mm
Rem depan : Twin Disk, Ø320 mm
Rem belakang : Disk, Ø265 mm
Ban depan : 120 / 70 R17 ZR
Ban belakang : 190 / 55 R17 ZR
Selengkapnya...