Friday, June 17, 2011

Honda EV-neo First Electric Scooter


Satu lagi yang baru dari Honda, Honda EV-neo, yak motor yang menggunakan listrik sebagai pengganti bahan bakar dengan desain scooter ini rencananya akan dirilis Honda jelang natal tahun ini.

Akhir tahun 2010 lalu Honda EV-neo memang sudah dirilis di Jepang, nampaknya Honda ingin melebarkan sayapnya lebih jauh, kini Honda EV-neo sudah di uji di Barcelona untuk pengetesan selama 1 tahun.

Motor listrik EV-neo setara dengan mesin motor berkapasitas 50 cc, meskipun berbody mungil, motor ini dapat mengangkat beban berat dan menaiki tanjakan dengan mudah. Sistem remnya juga sudah menggunakan Combined Brake System (CBS).

Motor ini menggunakan teknologi baterai lithium-ion mobil Insight (baterai Toshiba SCiB) yang hanya membutuh waktu 30 menit sampai baterai full dan mampu berkendara sejauh 34 km denngan kecepatan rata-rata konstan 30 km/ jam. Honda juga menawarkan alat charge portable yang tersimpan di bawah jok. Alat ini bisa mengisi baterei hingga penuh dalam wktu 3,5 jam.

Ada dua tipe EV-neo yakni EV-neo standar dan EV-neo Pro. Bedanya hanya terletak pada kapasitas tempat barang bawaan yang ada di bagian belakang.
Honda EV-Neo juga terdapat sistim keselamatan berkendara dan pejalan kaki, yakni sistem peringatan bunyi (pedestrian audible alert system) ketika skuter berjalan di bawah kecepatan 28 km/jam.

Honda EV-neo di Jepang dijual seharga 454.650 yen-574.350 yen (Rp 48 juta- Rp 61 juta) untuk EV-neo standar. Lumayan mahal, karena motor ini memang dibuat untuk para pebisnis jasa pengantaran (delivery) dan pengusaha di kota-kota besar. 

1 comment:

  1. many thx from the soul which love Love very much http://manypict.blogspot.com :)

    ReplyDelete