Saturday, June 11, 2011

Yahama New Juputer MX VS Suzuki Satria FU 150


Jupiter MX dan Satria FU, kedua motor ini sama-sama familiar dimasyarakat dan sama-sama dinobatkan sebagai raja motor jalanan dengan kapasitas diatas 130 CC. Banyak yang bertanya-tanya mana yang lebih bagus antara Jupiter MX dan Satria FU? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang perbandingan Jupiter MX VS Satria FU.

Dari sisi desain, Satria FU lebih unggul daripada Jupiter MX. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa desain satria FU yang mirip "belalang tempur" ini memang bagus dan asik buat gaya. Secara garis besar body Satria FU lebih kecil daripada Jupiter MX. Kemudian striping, Jupiter MX mempunyai corak striping yang lebih padat dari Satria FU. Bentuk headlamp juga berbeda, Satria FU mendesainnya menyatu dengan lampu sign, sedangkan Jupiter MX terpisah dengan lampu sign.

Untuk performa keduanya tidak diragukan lagi. Jupiter MX dan Satria FU memang banyak dimodifikasi orang untuk lomba balap motor. Apalagi Satria FU, terkenal sekali dengan tarikan motornya sehinga sering diadu dalam lomba drag race. Mekanisme mesin keduanya sedikit berbeda, Jupiter MX sudah mengaplikasikan blok baru yang dipakai di Vixion sehingga kecepatan meninggkat hingga 190 kph = 52.7777778 m / s. Namun tenaga mesin dan torsi masih dimenangkan Satria FU.

PERBANDINGAN SPESIFIKASI
Selengkapnya...

Friday, June 10, 2011

New Yamaha Scorpio Z 2011

Beberapa tahun yang lalu Yamaha sempat memproduksi motor Yamaha scorpio, kemudian entah kenapa Yamaha menarik produksi motor scorpio-nya, banyak yang mengatakan karena Yamaha scorpio memiliki kapasitas mesin yang terlalu besar. Dan kali ini Yamaha meluncurkan kembali scorpio-nya, yang sekarang diberi nama "New Scorpio Z". seperti apa rupanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Tampilan New Scorpio Z jauh terlihat lebih sporty dari tampilan Scorpio sebelumnya.Pertama, dari bentuk body yang terlihat lebih kekar, kemudian bentuk tangki bahan bakar New Scorpio Z yang lebih besar dan mantap, Striping berdesain tribal dengan goresan yang elegan, serta bentuk spakbor, ekor, dan lampu rem belakang belakang yang berkesan lebih modern.

Secara umum mekanisme mesin yang digunakan Scorpio lama dan New Scorpio Z hampir sama. Namun Scorpio Z mengalami sedikit penurunan di daya mesin dan torsi mesin.
Baru : 18.2 PS (17.95 HP) pada 8000 RPM || Lama : 19 PS (18.74 HP) pada 8000 RPM
Baru : 1.78 kgf-m (17.46 Nm) pada 6500 RPM || Lama : 1.86 kgf-m (18.25 Nm) pada 6500 RPM
Tidak tau pasti kenapa Yamaha menurunkan performa mesin New Scorpio Z ini, mungkin penerapan mekanisme mesin baru ini agar penggunaan bahan bakar lebih irit dari Scorpio lama.
Yamaha mematok harga New Scorpio Z ini dengan harga sekitar Rp.20.000.000 - Rp.24.000.000

SPESIFIKASI
MESIN
Tipe : 4 Langkah, 2 Valve SOHC
Diameter langkah : 70,0 x 58,0 mm
Kapasitas CC : 223 CC
Silinder : Silinder Tunggal Tegak
Kompresi : 9,50 :1
Daya max : 13.4 kW@8.000 r/min (18.2 PS@8.000 r/min)
Torsi max : 17.5 Nm@6.500 r/min (1.78 kgf-m@6500 r/min)
Transmisi : 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.025 mm x 765 mm x 1.095 mm
Tinggi jok : 770 mm
Jarak sumbu roda : 1.295 mm
Jarak dari tanah : 165 mm
Kapasitas tangki bahan bakar : 13 Liter
Berat :141 kg

SUSPENSI, BAN, dan REM
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Ban Depan : 80/100-18 47P
Ban Belakang : 100/90-18 56PS
Selengkapnya...

Thursday, June 9, 2011

Yamaha YZF-R6


Para pecinta motor Yamaha sepertinya sudah haus akan motor sport Yamaha diatas 200 cc, dan produsen motor Yamaha nampaknya mengetahui keinginan konsumen tersebut dengan merencanakan motor baru mereka yang dinamai "Yamaha YZF R6". seperi apa motor Yamaha tersebut? berikut penjelasannya.

Menurut kabar dari MCN Yamaha YZF-R6 bakal dijejali berbagai fitur dan teknologi baru dikelas motor sport. Serta desain motor yang bergaya MotoGP menambah rasa penasaran konsumen akan wujud Yamaha YZF-R6 yang sebenarnya.

Teknologi baru yang digunakan diantaranya, Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), dobel Injektor, Throttle Positiion sensor (TPS), EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve), dan dan Air Injection System (AIS).

Kita lihat mekanisme mesin Yamaha YZF-R6, kali ini Yamaha menerapkan fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) digabungkan dengan Throttle Position Sensor (TPS) yang berfungsi mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi.Injektor baru ini juga mengalami perubahan pada mekanismenya, injektor ini beroperasi lewat 12 lubang. Pendingin menggunakan Air Injection System (AIS) yang mengalirkan udara pada mesin untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang.

Dari body dan suspensi Yamaha YZF-R6 menerapkan EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve), yang berfungsi sebagai penyetabil motor saat berada di tikungan atau sedang dalam kecepatan tinggi. Sedangkan untuk suspensi, bagian depan dipasang Dobel sok adjustable dan bagian belakang monoshock.

Harga jual Yamaha diperkirakan sebesar Rp.260.000.000, harga yang cukup fantastis untuk motor sport kelas 600 cc ini.

SPESIFIKASI
MESIN
Tipe : 599 cc DOHC, 16 titanium valves
Pendingin : liquid-cooled inline 4-cylinder
Bore x Stroke : 67.0 x 42.5mm
Rasio kompresi : 13.1:1
Sistem bahan bakar : Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Pengapian : TCI (Transistor Controlled Ignition)
Transmisi: 6 kecepatan multiplate slipper clutch

DIMENSI
Panjang : 80.3 in
Lebar : 27.8 in
Tinggi: 43.1 in
Jarak poros ban : 54.1 in
Kapasitas tangki bahan bakar : 17,5 liter
Kapasitas bahan bakar cadangan : 3,5 liter
Berat : 417 lb
Ban depan : 120/70-ZR17
Ban belakang : 180/55-ZR17

SUSPENSI dan REM
Suspensi depan : 41mm inverted fork; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Suspensi belakang : Single shock; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Rem depan : Dual 310mm floating disc; radial-mount 4-piston calipers
Rem belakang : 220mm disc; single-piston caliper

Untuk penjelasan lain lihat disini
Selengkapnya...

Wednesday, June 8, 2011

Review dan spesifikasi Honda PCX 125


Setelah cukup lama berkompetisi di dunia motor matik dengan produk Vario, Beat dan Scoopy-nya, Honda kembali meluncurkan variant motor skuter matik "Honda PCX 125" yang menawarkan berbagai fitur dan teknologi terbaru, Honda PCX sendiri disebut-sebut akan menjadi trend baru di dunia motor skuter matik.

Honda PCX (Personal Comfort Xaloon) menggunakan teknologi baru yaitu Idling Stop System (ISS) yang berfungsi mematikan mesin secara sementara setelah motor berhenti dalam waktu tiga detik, kemudian pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Panel ISS berada di tuas kanan yang bisa disetting on atau off. Teknologi ini sangat berguna pada saat pengendara berhenti di lampu merah atau saat kereta api melintas

Selain itu PCX juga menggunakan teknologi sistem alarm anti maling, combi-brake hidrolik, pendingin radiator pada mesin V-matic 125 cc PGM-FI, knalpot yang sudah berstandar berstandar emisi gas buang Euro 3 dan mesin matik bersistem injeksi pertama di Indonesia yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit.

Honda PCX juga tidak mengesampingkan sisi desain, desain sit-in riding position pada PCX dapat membuat pengendara merasa nyaman. Kesan sporty juga terlihat dari bodi yang lumayan besar dengan lekuk body yang aerodimais, head lamp dan break lamp yang modern, dan pemasangan ban dengan ukuran lebar.

Namun harga jual yang dipatok untuk Honda PCX ini terbilang cukup mahal, sekitar Rp 32.000.000. tapi semua itu sepadan dengan dengan teknologi yang disajikan Honda pada motor ini.

SPESIFIKASI

MESIN
Tipe : 4 langkah SOHC
Kapasitas mesin : 129,9 cc
Sistem bahan bakar : Injeksi (PGM-FI)
Pendingin : liquid cooled
Kompresi : 11:1
Daya max : 11,7 PS pada 8.500 rpm
Torsi max : 1,19 kgf.m pada 6.000 rpm
Arus listrik : 12V – 5AH

DIMENSI
Panjang X lebar X tinggi : 1.917 x 738 x 1.094 mm
Berat : 125 kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 6,2 liter
Jarak sumbu roda : 1.305 mm
Jarak dari tanah : 135 mm
Rem depan : cakram hidrolik 3 piston
Rem belakang : tromol
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : lengan ayun + peredam kejut ganda
Selengkapnya...

Tuesday, June 7, 2011

Bajaj pulsar DTS-i 180 VS Honda tiger Revo


Bajaj pulsar dan Honda tiger, dua motor ini sama-sama mempunyai reputasi yang bagus dalam kategori motor 150-200cc. Sebelum Bajaj muncul di Indonesia Honda lebih dulu mengekenalkan Tiger pada masyarakat yang memang dikenal sebagai pelopor motor berkapasitas 150-200 cc. Nampaknya Bajaj mencoba untuk bersaing dipasar motor 200 cc dengan melaunching motor rival baru untuk Tiger, yaitu Pulsar 180.

Desain
Keduanya mengusung desain khas motor cowok, dengan tangki bahan bakar yang terletak didepan jok, body motor yang lebih besar dari motor bebek, dan tentu saja kapasitas mesin besar. Perbedaan desain yang mencolok antara Pulsar 180 dan Tiger revo adalah dari panjang shock depan ( Shock depan Tiger lebih panjang dari Pulsar), speedometer (Pulsar menggunakan digital speedometer, tiger masih menggunakan analog speedometer) dan lampu rem (Lampu rem Pulsar sudah menggunakan LED yang dapat menekan penggunaan arus listrik aki).

Mesin Bajaj pulsar berkapasitas 178.60 cc yang bertenaga 17.02 hp pada 8.500 rpm dengan top speed Top Speednya 128 km/j, akselerasi Pulsar dari 0-60km/jam dapat dicapai dengan waktu 5.56 sec, sedangkan Tiger bertenaga Tenaga sebesar 16.7 hp 8500 rpm dengan top speed 125 km/jam. Tiger hanya membutuhkan waktu 5.66 sec untuk mencapai kecepatan dari 0-60 km/jam.
Tiger memang unggul dalam tenaga mesin, namun dikalahkan oleh Pulsar dalam kecepatan akselerasi.

Tetapi dalam urusan harga Bajaj pulsar boleh dibilang berani mematok harga pulsar 180 dts-i. Lihat saja, dengan performa mesin yang sama dengan Tiger, Pulsar hanya memerikan harga Rp 16.5 juta rupiah, jauh lebih mahal dari Tiger Revo yang mematok harga sebesar Rp 23 juta rupiah.
Nampaknya Bajaj pulsar 180 memang diperuntukan bagi mereka yang menginginkan motor sekelas Tiger namun dengan harga yang terjangkau.

Selengkapnya...

Monday, June 6, 2011

Review dan spesifikasi Minerva r 150 VX

Minerva, nama produsen motor asal Jerman ini memang asing didengan untuk beberapa orang. Tahun 2010 Minerva masuk ke Indonesia mengenalkan produk motor-motor buatannya, salah satu motor keluarannya adalah Minerva r 150 VX, berikut gambaran dan spesifikasinya.

Desain Minerva terlihat seperti motor-motor sport pada umumnya, dengan fairing yang lumayan besar, jok depan dan belakang terpisah, headlamp yang mantap, dan juga monoshock yang terpasang di suspensi belakang. Minerva r 150 VX melakukan gebrakan dengan mengaplikasikan teknologi baru dalam motor ini. Diantaranya, LED lamp Twinkle (lampu LED, sehingga pemakaian listrik aki lebih hemat), sistem knalpot Sporty Muffler, Digital speedometer, dan dual disc cakram.

Untuk urusan mesin, Minerva menggunakan mesin berkapasitas 150 cc SOHC yang dapat menghasilkan tenaga hingga 13.5 tenaga kuda pada 9.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 10.5 nm pada 7000 rpm cukup mampu untuk bersaing dengan motor lain dikelasnya, Minerva juga menggunakan sistem Advanced Balancer shaft untuk mengurangi getaran pada mesin saat motor dipacu dengan kecepatan tinggi.

Minerva melepas R 150 VX dipasaran dengan harga sekitar Rp. 16.5 juta. Disini Minierva mencoba bersain di pasar motor 150 cc dengan memberikan harga yang murah untuk motor dengan teknologi yang tidak murahan :)

SPESIFIKASI
MESIN
Jenis : SOHC Silender tunggal dengan oil cooler dan engine balancer
Kopling : Multiplate. Kopling Basah
Final rasio : 2,533
Diameter langkah : 61 x 49,5
Tenaga max : 13.5 PS / 9.500 rpm
Torsi max : 10.5 Nm / 7.000 rpm
Kompresi : 9.2 : 1
Pengapian : Digital CDI dengan Electric dan Kick Starter

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi : 1982 x 675 x 935 mm
Jarak sumbu Roda : 1365 mm
Bobot : 115 kg
Beban maksimum : 150 kg
Kapasitas Tangki bahan bakar : 12 Liter

REM, BAN dan SUSPENSI
Suspensi depan : Upside down
Suspensi belakang : Mono Shock
Rem Depan dan Belakang : Disc Brake Double Piston
Ban depan : 80/90-17
Ban belakang : 120/70-17
Selengkapnya...

Sunday, June 5, 2011

Review dan spesifikasi Ducati 1098 S


Ducati, motor pabrikan Italia ini memang selalu memberikan sesuatu yang "wah" pada produk keluarannya. Dari motor sport sampai motor gede sudah diproduksi oleh Ducati hampir di semua negara, sayangnya Indonesia belum termasuk dalam bidikan pasar Ducati. Dan sekarang saya akan me-review Ducati 1098 S yang disebut-sebut sebagai salahsatu dari 10 motor tercepat tahun ini.

Ducati 1098 S adalah motor bertipe yang "motor sport", yang mirip dengan motor Ducati tunggangan Stoner di Moto GP, jadi jangan heran kalau tenaga dan desainnya membuat setiap orang ingin mengendarainya. Sebelumnya, Ducati juga pernah mengeluarkan motor sport sebelum ini, yaitu Ducati 999. Model desain dan mekanisme mesin Ducati 1098 S hampir sama dengan 999 yang telah dihentikan produksinya.

Tidak usah diragukan lagi, setiap desain motor keluaran Ducati bisa dinilai hampir sempurna. Head lamp yang tajam, fairing samping yang melebar sampai kebawah mesin, kaca pelindung yang terletak di bagian head, single-sided swing arm untuk sistem aerodinamis, dan pemasangan dual knalpot yang bukan diletakan disamping, melainkan di atas ban belakang khas motoGP menambah kesan sporty dan kekar Ducati 1098 S.

Mesin 1098 S dikembangkan oleh pabrik Ducati yang bekerja sama dengan Ducati Corse (Divisi balap pabrik Ducati) yang khusus membuat motor balap SuperBike dan MotoGP. Mesin 1098 S menggunakan silinder L-twin, 4 katup dengan pendingin air desmodromic yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal 169 mph (271 km/jam). Tenaga mesin Ducati 1098 adalah 119,3 kilowatt (160,0 tenaga kuda) pada 9750 rpm dengan transmisi 6 kecepatan. Dari penjelasan tersebut tidak heran lagi jika masyarakat menilai bahwa Ducati 1098 S memang layak di nobatkan sebagai salah satu motor tercepat.

SPESIFIKASI
Kapasitas mesin : 1099-1198 cc
Silinder : L-twin 4 katup
Tenaga: 160-180 hp pada 9.750 rpm
Torsi: 134 Nm pada rpm 8.000
Kecepatan max : 200-300 km/jam
Diameter x Langkah: 4,1 inci x 2,5 inci
Compression Ratio: 12.5:1
Sistem bahan bakar : Fuel injection Marelli (elektronik)
Knalpot : Twin muffler stainless steel
Transmisi : 6 kecepatan
Selengkapnya...