Thursday, June 9, 2011

Yamaha YZF-R6


Para pecinta motor Yamaha sepertinya sudah haus akan motor sport Yamaha diatas 200 cc, dan produsen motor Yamaha nampaknya mengetahui keinginan konsumen tersebut dengan merencanakan motor baru mereka yang dinamai "Yamaha YZF R6". seperi apa motor Yamaha tersebut? berikut penjelasannya.

Menurut kabar dari MCN Yamaha YZF-R6 bakal dijejali berbagai fitur dan teknologi baru dikelas motor sport. Serta desain motor yang bergaya MotoGP menambah rasa penasaran konsumen akan wujud Yamaha YZF-R6 yang sebenarnya.

Teknologi baru yang digunakan diantaranya, Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), dobel Injektor, Throttle Positiion sensor (TPS), EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve), dan dan Air Injection System (AIS).

Kita lihat mekanisme mesin Yamaha YZF-R6, kali ini Yamaha menerapkan fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T) digabungkan dengan Throttle Position Sensor (TPS) yang berfungsi mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi.Injektor baru ini juga mengalami perubahan pada mekanismenya, injektor ini beroperasi lewat 12 lubang. Pendingin menggunakan Air Injection System (AIS) yang mengalirkan udara pada mesin untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang.

Dari body dan suspensi Yamaha YZF-R6 menerapkan EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve), yang berfungsi sebagai penyetabil motor saat berada di tikungan atau sedang dalam kecepatan tinggi. Sedangkan untuk suspensi, bagian depan dipasang Dobel sok adjustable dan bagian belakang monoshock.

Harga jual Yamaha diperkirakan sebesar Rp.260.000.000, harga yang cukup fantastis untuk motor sport kelas 600 cc ini.

SPESIFIKASI
MESIN
Tipe : 599 cc DOHC, 16 titanium valves
Pendingin : liquid-cooled inline 4-cylinder
Bore x Stroke : 67.0 x 42.5mm
Rasio kompresi : 13.1:1
Sistem bahan bakar : Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Pengapian : TCI (Transistor Controlled Ignition)
Transmisi: 6 kecepatan multiplate slipper clutch

DIMENSI
Panjang : 80.3 in
Lebar : 27.8 in
Tinggi: 43.1 in
Jarak poros ban : 54.1 in
Kapasitas tangki bahan bakar : 17,5 liter
Kapasitas bahan bakar cadangan : 3,5 liter
Berat : 417 lb
Ban depan : 120/70-ZR17
Ban belakang : 180/55-ZR17

SUSPENSI dan REM
Suspensi depan : 41mm inverted fork; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Suspensi belakang : Single shock; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Rem depan : Dual 310mm floating disc; radial-mount 4-piston calipers
Rem belakang : 220mm disc; single-piston caliper

Untuk penjelasan lain lihat disini

1 comment:

  1. Yupz, ini motor sport 600 cc paling worth di kelasnya. Jika suruh milih antara Yamaha R6, Honda CBR600, atau Kawasaki ZX6R, maka saya akan memilih yamaha R6.

    ReplyDelete